Halaman

Selasa, 24 November 2015

Membuat Bumbu Rujak Buah Yang Enak

Membuat Bumbu Rujak Buah Yang Enak

Membuat bumbu rujak buah yang enak Orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan, biasanya masih juga bahagia mengemil makanan kaya kalori seperti keripik, permen, gorengan, dan makanan yang mengandung gula dan garam cukup tinggi. Padahal mengemil jenis makanan seperti ini dapat merusak upaya buat menurunkan berat badan tersebut. Dengan makan buah baik yang dibuat salad ataupun rujak, berat badan dapat terjaga. Agar tak terasa lapar, dapat dipilih buah yang membuat kenyang dalam waktu cukup lama.

Buah apel ialah salah satu buah yang sangat bagus buat rujak. Rasanya asam manis serta sifatnya mengenyangkan dapat membuat diet berhasil. Rasa kenyang ini membuat keinginan buat makan karbohidrat menjadi berkurang. Apalagi apel juga dapat membersihkan gigi. Pembentukan plak gigi pun dapat dihambat. Harganya memang sedikit di atas rata-rata. Namun, demi kesehatan dan demi mengikut pepatah ‘satu buah apel sehari akan menjauhkan diri dari dokter; maka rasanya harga itu bukan sesuatu yang berarti.

Kalau tak ada apel, dapat juga menggunakan jambu biji. Buah satu ini tak biasa dibuat rujak. Tetapi ada beberapa orang menggunakan jambu biji nan masih agak mengkal sebagai tambahan bumbu rujak. Jambu biji mengkal itu diyakini dapat mengurangi imbas mual atau menghindari diare ketika rujak dibuat menggunakan cabe nan agak berlebih. Selain jambu biji, ada juga juga yang menggunakan pisang klutuk atu pisang kepok  mentah. Penggunaan pisang klutuk yang masih hijau ini diyakini mempunyai imbas sama dengan jambu biji.

Rasa kelat yang dikeluarkan oleh pisang klutuk akan menambah kesegaran rujak yang dimakan ketika siang hari baik ketika hari sedang panas maupun sedang cuaca dingin. Gula jawa  digunakan buat membuat rujak juga cukup baik bagi kesehatan. Gula merah diyakini tak meningkatkan kadar gula darah bagi penyandang penyakit diabetes. Tentu saja tetap tak boleh berlebihan. Bagaimanapun, gula jawa tetaplah gula.

Bagi wanita yang merasa sakit saat menstruasi, makan rujak pepaya mengkal dengan nanas manis serta gula jawa dan bawang putih, dapat memgurangi rasa sakit. Makanlah rujak seminggu sebelum menstruasi datang dan pada saat menstruasi. Tentu saja memakan rujak dengan bahan-bahan tersebut tak pada saat perut sangat kosong. Kalaupun misalnya takut maag kambuh bagi nan telah sakit maag, nanas dapat tak digunakan. Cukup dengan pepaya saja. Minum dengan air hangat. Resep ini mungkin saja cocok. Jadi dapat dicoba oleh siapa saja.

Untuk membuat rujak buah sebenarnya tidaklah sulit. Hal ini sebab bahan  kita gunakan buat makanan ini mudah ditemukan. Rujak merupakan kuliner Indonesia asli. Oleh sebab itu, hampir semua wilayah di negeri ini ada jenis rujak dari buah ini.

Bumbu Rujak


Untuk menjadikan rujak terbuat dari buah lezat dan nikmat, maka  perlu kita perhatikan ialah bumbu nan digunakan buat rujak ini. Bumbu inilah yang menyebabkan rujak disenangi banyak orang. Bumbu ini mempunyai rasa yang sangat nikmat dan mampu menutup rasa buah yang, mungkin kurang enak, misalnya terlalu masam.

Bumbu yang kita pergunakan buat rujak dibuat dari berbagai bumbu yang mudah dijumpai. Kita bisa mempergunakan gula pasir dan gula jawa, cabe, garam. Bumbu ini semuanya diuleg atau dihancurkan hingga lembut pada suatu tempat, misalnya cobek. Agar enak dijadikan bumbu, maka pada hasil ulegan ini kita berikan air secukupnya.

Cara meramunya pun cukup mudah Di bawah ini ialah resep rujak buah patut Anda coba.
Pada dasarnya, rujak dari buah dapat menggunakan buah apa saja. Pilih buah dengan rasa manis, masam, dan umumnya bukan buah nan terlalu tua/masak. Berikut contoh buah-buahan yang  dapat Anda gunakan buat rujak.

* Mangga muda (pencit)
* Kedondong
* Jambu biji atau jambu air
* Nanas
* Pepaya nan tak terlalu tua (daging buah masih agak keras)
* Bengkoang
* Belimbing

Bahan Bumbu Rujak Buah
* 100 gr kacang tanah nan sudah digoreng.
* 100 gr gula merah
* 1 sendok makan air asam jawa
* Cabe rawit secukupnya atau sinkron selera
* Garam secukupnya
* Air matang secukupnya


Cara Membuat Bumbu Rujak Buah

* Kupas dan bersihkan seluruh buah nan akan Anda gunakan sebagai bahan rujak. Pangkas atau iris buah kecil-kecil dan campurkan semua buah agar membentuk kesan warna-warni nan indah.
* Untuk bumbu atau kuah rujak, tumbuk kacang goreng tapi jangan terlalu halus. Pastikan bahwa kacang goreng tersebut masih kasar, sehingga menimbulkan sensasi renyah tersendiri saat dimakan bersama rujak buah.

* Haluskan gula merah, cabe rawit, tambahkan air asam jawa dan garam agar rasanya lebih sedap. Bila sudah halus, campurkan bumbu ini dengan kacang tanah yang sudah ditumbuk kasar.

* Siapkan piring, isi dengan buah, lalu siram dengan bumbu rujak sudah Anda buat. Anda pun dapat langsung menikmati rujak buah  yang terasa begitu segar.

Itulah langkah-langkah membuat bumbu rujak  buah yang cukup mudah dan praktis. Anda dapat menambahkan buah apa saja sesuai selera Anda. Sebagai variasi, anda juga dapat menambahkan tahu goreng dan juga kerupuk sebagai pelengkap rujak buah. Mudah dibuat, enak rasanya, banyak pula gizinya. Tunggu apa lagi? Buat bumbu rujak dari buah sekarang dan Anda dapat merasakan kenikmatan cita rasa rujak yang enak dan segar.


1 komentar: